Jarang olah raga bikin wajah kelihatan tua

Jarang olahraga sudah pasti bikin tubuh kita kurang sehat. Bila kenyataan ini tidak cukup meresahkan Anda, coba simak fakta yang lain: kurang olahraga juga membuat wajah kita terlihat lebih tua.

Fakta ini diperoleh dari hasil penelitian dari University of St Andrews, Inggris.Studi ini digelar sebagai bagian dari Active Nation, yang mendorong orang di Skotlandia untuk lebih banyak latihan untuk menyambut Commonwealth Games di Glasgow tahun 2014 nanti. Menurut ketua penelitinya, Ross Whitehead, dengan studi ini diharapkan gaya hidup yang lebih aktif bisa memberi manfaat ekstra pada penampilan.

Tim yang terdiri atas 10 peneliti dari Perception Lab di universitas tersebut menyimulasikan bagaimana malas berolahraga bisa mempengaruhi penampilan seseorang, berdasarkan proyeksi penambahan berat badan sebanyak rata-rata 0,55 kg untuk wanita setiap tahunnya, dan 0,74 kg untuk pria. Leher dan rahang bawah termasuk yang paling terpengaruh akibat kulit yang menggelambir.

Dalam penelitian, tim Whitehead menunjukkan gambar tiga orang dan bagaimana wajah mereka berubah dalam 10 hingga 20 tahun, akibat kurangnya aktivitas fisik. Gambar tersebut lalu dibandingkan dengan gambar dari wajah-wajah yang mendapatkan manfaat dari latihan teratur.

Salah satu responden yang terlibat dalam studi tersebut mengaku, “Saya tidak pernah memikirkan kerusakan yang bisa terjadi pada wajah saya sepanjang waktu. Menakutkan juga melihat perbedaannya.”

Sedangkan Lisa Thompson (20), ibu seorang anak, mengatakan, “Aku tahu, aku tidak cukup banyak berolahraga saat ini. Tetapi hasil studi ini memacu saya untuk mulai berolahraga!”

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah hasil studi ini mampu memotivasi Anda untuk mulai berolahraga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: